Monday, February 18, 2008

KTP Wajip Punya tapi merepotkan ;)

Beberapa hari terakhir saya di sibukkan urus2 masalah KTP, ya Kartu Tanda Penduduk. Sejak Merantau ke Makassar tahun 2003 saya selalu ingin punya KTP makassar. Sejak Mama rafi dateng ke makassar keinginan untuk punya KTP makin jadi deh :D, selain memang sudah seharusnya warga yang baik mesti punya KTP selain itu untuk pengajuan kredit ke bank pasti deh syarat pertama juga perlu KTP makassar :.

Sejak mama rafi pindah ke makassar benernya dah niat untuk lapor ke Pak RT, tapi ampe 2 bulan mama rafi di makassar rumah pak RT selalu tutup dan tutup deh tiap weekend maklum karena saya di bulukumba jadinya ya baru bisa tiap weekend mampir ke rumah pak RT nya, ampe kemarin datang juga pendataan pemilih untuk PILKADA walikota makassar, mama rafi telp dari makassar, "pa barusan sekretaris RT dateng diminta segera urus KTP, katanya suruh buat surat pindah saja dari bulukumba" dari situ baru ketahuan kalo pak RT lagi sibuk di Bone jadi jarang ada di rumah, ternyata adiknya pak RT sedang mencalonkan jadi Bupati di bone, walah yo pantes ae kalo tiap weekend ke rumah pak RT koq mesti kosong rumahnya.

Besoknya saya putuskan ke kelurahan di Bulukumba, saya urus surat pindah. saya bawa Kartu Keluarga dan KTP saya untuk mengajukan pengurusan pindah di Makassar. Masuk Kantor Kelurahan sedih juga ngeliatnya bangunan nampak jorok dan kusam catnya, rumputnya juga lumayan tinggi, halaman depan juga becek bekas hujan. masuk Kantor saya langsung menemui salah satu pegawai kelurahan yang dengan ramah menerima saya yang akhirnya saya tahu kalo beliau adalah sekretaris Kelurahan, saya ditanyain tujuan dan urusannya apa? saya jawab mau mengurus pindah ke makassar. langsung deh pak sekretaris sibuk cari kertas format pengurusan pindah diantara arsip2nya... dan saya di persilakan duduk di depan meja yang cuma ada mesin ketik saja diatasnya, ya ternyata format pengurusan pindah ini cuma selembar kertas foto copian saja :D. dengan lancar pak sekretaris mengetik saya cuma sedikit berpikir kenapa pak sekretaris ini cuma mengetik satu rangkap saja? apa tidak butuh arsip?, dan akhirnya selesai juga dan pak sekretaris sendiri yang menandatangani surat atas nama lurah. dan saya pun menanyakan "berapa pak?" pak sekretaris pun menjawab "biaya administrasi 25 ribu pak" akhirnya saya beri uang 30 ribu perak, ya saya sengaja tidak minta kembalian. benernya mikir juga gini ini masuk kantong pribadi atau masuk kas pemerintah ya?

Kartu Keluarga dan KTP lama kemudian saya serahkan ke pak Sekretaris, saya berpikir ini pasti di minta karena saya dah urus pindah ke makassar lah koq ndilalah Pak Sekretaris malah bilang" Silakan di bawah saja pak ini kan punya bapak". saya sedikit kaget loh....:-O jadi masih saya bawa ya pak? o....
serasa gak percaya saya cuma mikir gimana bapak ini mau mengeluarkan nama saya dari catatan kependudukan di Bulukumba ? tanpa arsip, KK dan KTP saya pun masih saya bawa. udah lah gak mau pusing juga saya. yang penting dah beres urusan hehe gak nyangka cepet juga ya urus beginian ternyata cuma butuh 30 menitan saja yang lama benernya cari fotopyannya format surat keterangan pindah tadi deh.

Weekend lagi saya akhirnya menemui pak Sekretaris RT di lingkungan rumah di Makassar. saya serahkan surat keterangan pindah dari Bulukumba saya lampiri fotocopy an dengan KTP dan KK saya di Bulukumba. saya pikir beres bisa dapat surat rekomendasi RT untuk ke Kelurahan. ternyata eh ternyata salah satu syarat lagi untuk urus KTP adalah bukti pelunasan PBB , aduh jadi pusing maklum rumah masih ngontrak yang punya rumah di jakarta katanya PBB dah di bayar cuma gak tahu buktinya dimana :-/ jadi ampe sekarang urusan KTP ini belum jelas tahu deh pusing juga saya.

ternyata mengurus-ngurus KTP ini bener2 susah dan susah terutama bagi orang macam saya yang sering pindah-pindah gini. mungkin sama dengan kondisi bangsa ini yang kondisinya memang sedang susah :D.
dari sini bisa di ambil kesimpulan kalo data penduduk indonesia ini masih ancur cur deh kayaknya sama ancur dan menggenaskannya gedung kelurahan tadi :))
padahal dah hampir 63 tahun kita merdeka.

udah lah mungkin masih butuh perjuangan ekstra kerja keras untuk mewujudkan salah satu keinginan saya ini. kayaknya gak boleh patah semangat deh. weekend depan ke sekretaris RT lagi deh

Foto Diambil dari sini

3 comments:

Manda La Mendol said...

Bukti PBB ilang???? ya ampun mas.Di tempel di jidat napa... hehehehe.

Anonymous said...

Mas,
KTP saya udah 'mati' dua tahun...
SIM lebih parah lagi. Expired 10 tahun lalu...!

Anonymous said...

pendekatan aja ke orang kecamatan, kalo dah kenal gak pake bukti pelunasan pbb dsb. cuma butuh duit aja