Sunday, January 27, 2008

Sawang Sinawang

Kesibukan kerja saya seperti biasa akan sedikit naik di penghujung dan awal tahun. minggu pertama bulan ini saya sudah mesti ke jakarta untuk urusan tes beasiswa S2 dari perusahaan dimana saya bekerja. di minggu kedua bulan ini saya juga mesti tugas ke manado untuk urusan kerjaan lagi ya perubahan program akuntansi harus saya ikuti, di minggu ketiga saya harus kembali tugas ke jakarta untuk tes wawancara beasiswa lagi ya alhamdulillah akhirnya bisa juga sampai tahap ini saya semoga mimpi untuk bisa sekolah lagi bisa terwujud. capek juga badan dan pikiran rasanya, tapi bukan itu semua yang ingin saya ceritakan di perjalanan saya banyak bertemu temen-temen kampus saya secara tidak sengaja di bandara. pertama ketemu teman kuliah saya di bandara Hasanudin Makassar M Yogi sekarang bekerja di BPK perwakilan manokwari kebetulan yogi transit dari surabaya menuju papua di Makassar, kita sempet ngobrol banyak di cafe bandara :D kita serasa memutar kembali semua cerita-cerita masa kuliah dulu di surabaya. dan seperti biasa cerita juga berlanjut ke pekerjaan.
kemudian tanpa sengaja juga saya bertemu dengan temen kuliah saya Nazaruddin saya biasa panggil Udin bersama istri ketika pulang dari manado, Udin sedang mengerjakan projek di soroako kami bercerita lumayan juga.

Dan beberapa hari yang lalu temen saya popo juga mampir kerumah dah bercerita banyak juga soal kesibukan kerjaan dia sekarang yang sedang diperbantukan di Astra Urip sumoharjo Makassar ya ngobrol dengan popo serasa memutar kembali kerjaan lama saya 5 tahun yang lalu sebelum saya resign dan masuk perusahaan dimana saya bekerja sekarang. Popo juga bercerita pertengahan Februari nanti dia akan pindah tugas di bandung.

Dari banyak ketemu temen dan mendengar cerita mereka, kita jadi sering membandingkan apa yang kita dapat baik masalah finansial, karir maupun keluarga dengan apa yang mereka dapat. kadang kala kita melihat orang lain begitu sempurna dengan segala nikmat yang mereka dapat dibandingkan dengan apa yang kita peroleh. tapi dari pembicaraan dengan temen-temen juga mereka merasakan hal sama dengan yang saya alami ketika melihat apa yang saya dapat dalam karir, finansial dan keluarga.

Ya sawang sinawang, kata jawa yang sangat sederhana ini paling cocok untuk menggambarkan kondisi di atas. kita jadinya sering kali menggukur kebahagian kita dengan kebahagiaan orang lain. saya membandingkan dengan temen saya dan temen saya membandingkan dengan saya. padahal semua ada porsinya masing-masing. kalo dah seperti ini kita jadinya kurang bersyukur kurang mensyukuri nikmat yang jauh luar biasa yang sudah di karuniakan oleh Nya kepada kita. yang pasti Allah pasti berikan yang terbaik buat hambanya termasuk buat saya. apa yang saya dapat sekarang sudah luar biasa rasanya :D. walo sempet juga rasa minder dan merasa temen2 saya dah jauh di atas dan saya masih berkutat di satu titik tapi kalo di pikir2 lagi sebenarnya semuanya sudah ada porsi-porsinya ya sekali lagi mungkin sekarang ini hal seperti ini lah yang terbaik buat saya dan tidak ada yang perluh di sesali keberhasilan teman merupakan alat motivasi diri untuk maju dan berbuat lebih baik lagi.

Ya semoga kita termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas segala karunia Nya amin

2 comments:

amethys said...

yup..wang sinawang...hehehehe
buatku liat diri sendiri..ndak usah ngeliat atas bawah kiri ato kanan....yg penting berusaha se baik2 nya untuk diri sendiri tanpa merugikan orang lain....

Arri said...

kalo ngeliat ke orang lain, apabila ga dilandasi kekuatan iman dan rasa ikhlas yang tinggi, jadinya malah sirik/iri/dengki aja...

hehehehe