Beberapa hari terkahir kayaknya sedang gencar berita pencekalan Dewi Persik dimana-mana karena goyangan yang dianggab nyeleneh dan erotis, selain itu juga berita Jupe yang jualan Album dan kasih bonus kondom. terus ada lagi nada sampung atau nada dering di Hand phone yang berbunyi ucapan Cinta Laura yang ke inggris-inggrisan kayaknya jadi pertanyaan kenapa yang model-model kayak gini sekarang jadi lebih populer? ya semua jadi ingin tampil beda istilah marketing adalah differentiation.
Yang saya liat dari ke ketiga kasus diatas nampak sekali macam Jupe yang jualan kaset dengan bonus kondom dan Dewi Persik dengan Goyangannya serta Cinta Laura yang ngomong ke ingris-inggrisan. Mungkin Jupe dan Dewi Persik juga mikir dan tahu diri kalo suara mereka gak sebagus di banding suara Krisdayanti, atau kalau buat Cinta Laura tentu saja dia sangat nyadar kalo actingnya juga gak sebagus Dian Sastro. Jadi muncullah ide kreatif mereka untuk memenangkan persaingan dengan artis-artis yang udah ada, Jupe membangun image dirinya dia identikan dengan seksualitas, Dewi Persik memanfaatkan era vakumnya Inul daratista jadi dia tampil bener-bener full Goyang dan gak tahu ampe kayak apa goyang yang dia tampilkan untuk membedakan dirinya dengan penyanyi dangdut yang lain. Dan Cinta Laura melihat belum ada Artis yang ngomong sok inggris-inggrisan jadi dia tampil seperti sekarang dengan dialek yang becheck ke inggris-inggrisan.
Saya yakin semua memandang bahwa differentiation adalah yang memegang peranan kunci dalam memenangkan persaingan dan tentu saja untuk memiliki keunggulan bersaing dibanding yang sudah ada.
Saya rasa differentiation saja tapi tanpa konsep yang jelas akan merusak suatu produt itu sendiri. Kesuksesan Produtc sangat ditentukan oleh 4 P, Produtc itu sendiri, Price, Promotion dan Place
Walau differentiation belum tentu berhasil di pasar menurut saya tetap memegang peranan yang luar biasa untuk suatu product bisa sukses di pasaran. Sebagai konsumen semakin banyak pilihan saya pikir semakin bagus. makanya makin banyak yang beda dari yang ada makin bagus menurut saya... bagaimana menurut anda?
5 comments:
jadi pilihan kita apa ya?nonton konser adewi persik?beli kaset jupe ato melototin sinetronya cinta laura?
Setuju mas, diferensiasi memang salah satu faktor, tapi masih ada P&B dalam rumus PDB. Dimasa sekarang orang dituntut untuk lebih kreatif mengingat sudah begitu banyak produk yang beredar. Tapi kadang dengan alasan itu, orang jadi lupa batas norma dll. Salam kenal :)
kalo kasus Maria Eva kemarin, termasuk differentiation bukan ya ?..
sayang ME hidupnya di Indonesia, coba kalo di USA sana, mungkin nasibnya bakal sama kayak PSK yg kedapatan sama gubernur di Amrik kemarin...
kalo ME sih, boro2 dapat kontrak film dan pemotretan..yg ada malah berhadapan sama FPI dan FBR...hahahaha..
Wis saiki jamane aurat diumbar-umbar. Makin dibicarain, makin rame, makin laris. *sing lanang pasti penasaran.
Hmm.. diferensiasi konsep inti pemasaran. Tapi kalau tidak salah diferensiasi tidak berdiri sendiri. Mesti ditopang oleh banyak taktik dan strategi pemasaran. Koreksi kalau saya salah. Salam kenal.
Post a Comment